• Kamis, 11 Agustus 2022

BPJPH Tegaskan Sertifikasi Halal Jadi Kunci Masuk ke Pasar Global

- Kamis, 10 Februari 2022 | 08:39 WIB
Peti kemas yang menampung produk ekspor. (Pixabay/myUKhub2 )
Peti kemas yang menampung produk ekspor. (Pixabay/myUKhub2 )

HAJIUMRAHNEWS.COM - Menembus pasar global tentu saja merupakan impian setiap pelaku usaha di dalam negeri.

Namun perlu diingat, bahwa untuk dapat masuk ke pasar global, produk yang ingin dipasarkan tersebut harus memiliki keunggulan. Dan salah satu keunggulan yang wajib dimiliki adalah sertifikasi halal.

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama, Muhammad Aqil Irham mengatakan bahwa sertifikasi halal merupakan penguat produk halal nasional.

Di samping itu, sertifikasi halal juga merupakan salah satu aspek yang harus dipenuhi agar produk dapat masuk ke pasar internasional.

"Produk halal itu hulunya ada di BPJPH, karena produk halal harus bersertifikat halal dari BPJPH. Oleh karena itu, untuk memperkuat produk halal kita maka kuncinya adalah percepatan pelaksanaan sertifikasi halal," kata Aqil Irham, dalam acara Bimbingan Teknis (bimtek) Sertifikasi Halal, yang dihelat secara virtual, Rabu (9/2/2021).

Aqil Irham mendorong pelaku usaha, khususnya UMK, untuk segera melakukan pengajuan permohonan sertifikasi halal produknya ke BPJPH.

Melalui regulasi Jaminan Produk Halal, pemerintah juga memberikan afirmasinya untuk menghadirkan kemudahan sertifikasi halal bagi pelaku UMK.

Dikatakannya, sertifikasi halal itu mudah dan memberikan banyak manfaat. Selain sebagai bentuk penjaminan kehalalan produknya, sertifikasi halal juga memberikan nilai tambah bagi produk sehingga meningkatkan daya saing di pasar global.

"Terlebih saat ini peraturan tarif layanan sertifikasi halal sudah diterbitkan dengan besaran biaya yang turun drastis dari sebelumnya. Pelayanannya juga diupayakan lebih cepat dan mudah, melalui aplikasi Sihalal yang dapat diakses oleh pelaku usaha kapan saja dan dari mana saja," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Ammar Faizal Haidar

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Terkini

X