Terima Kunjungan Mendag Zulhas, Bangsawan Saudi: Kami Optimis Nilai Dagang RI-Saudi Meningkat

- Senin, 23 Januari 2023 | 14:06 WIB
Mendag Zulhas mengenakan bisht pemberian Syekh Ibrahim, bangsawan asal Arab Saudi. (Istimewa)
Mendag Zulhas mengenakan bisht pemberian Syekh Ibrahim, bangsawan asal Arab Saudi. (Istimewa)

HAJIUMRAHNEWS.COM - Bangsawan Arab Saudi, sekaligus pemilik Bank Al-Bilad, Syekh Ibrahim Al-Subaie menyambut hangat kedatangan Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan di Jeddah, pada Sabut (21/1/2023).

Ia juga mengapresiasi langkah-langkah yang ditempuh Mendag Zulhas dalam upaya meningkatkan serta menguatkan hubungan dagang RI dengan Arab Saudi.

"Masya Allah tabarakallah. Saya menyambut antusias dan sangat positif upaya ekstra Mendag Indonesia untuk meningkatkan nilai dagang antara Arab Saudi dan Indonesia. Kami terus memantau perkembangan yang dilakukan Mendag Indonesia, langkah-langkahnya extraordinary. Kami komunitas bisnis di sini menyambut dengan penuh optimisme," ujar Syekh Ibrahim.

Tidak hanya itu, sebagai wujud penghargaan terhadap Mendag Zulhas, Syekh Ibrahim pun memberikan bisht, atau pakaian tunik pria khas Arab sebagai simbol kebangsawanan.

Bisht tersebut sangat populer di negara-negara Arab dan teluk. Pada pesta penyerahan piala dunia 2022 lalu, Emir Qatar mengenakan bisht untuk captain kesebelasan Argentina Lionel Messi.

"Terima kasih. Syukran. Jazakallah khair," ungkap Mendag Zulhas setelah menerima Bisht dari Syekh Ibrahim.

Mendag Zulhas dan rombongan delegasi dangang RI direncanakan berada di Saudi hingga Senin (23/1/2023) untuk misi dagang berskala besar, rencananya Indonesia akan membuka ritel modern di Arab Saudi agar bisa memperluas daya jangkau perdagangan Indonesia di wilayah tersebut. Baik tenaga kerja, mukim, maupun jemaah umrah dan haji.

"Dengan adanya gerai modern di Arab Saudi, maka upaya pelaku UKM untuk memasarkan produknya akan semakin mudah. Ini tentunya akan mendorong kinerja ekspor nasional." Jelas Mendag.

Selama di Arab Saudi Zulhas diagendakan bertemu dengan Menteri Perdagangan Arab Saudi, para pengusaha dan eksportir, kamar dagang Saudi, dan lainnya. Di sana Zulhas menemui sejumlah pengusaha di antaranya Mohammed Abdul Samad Al Qurashi (Chairman Perusahaan Abdul Samad Al Qurashi), Abdul Rahman Al-Khereiji (Perusahaan Konstruksi Al-Khereiji), Dr Abdullah bin Saleh (Mantan Wakil Menteri Kesehatan), Adnan Mandoura (Ketua Dewan Direksi Perusahaan Mashareq), Ahmed Jamjoom (Perusahaan Farmasi Jamjoom), dan lainnya.

Halaman:

Editor: Ammar Faizal Haidar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPJPH Larang Mixue Cantumkan Logo Halal

Senin, 2 Januari 2023 | 18:16 WIB

Ikut Tren PHK, JD.ID Rumahkan Ratusan Karyawan

Selasa, 13 Desember 2022 | 19:30 WIB
X