• Selasa, 28 Juni 2022

Kisah Ns. Sunarno, Tim EMT Haji Daker Madinah yang Sigap Bantu Jemaah Haji Atasi Masalah Kesehatan

- Minggu, 19 Juni 2022 | 05:46 WIB
Ns. Sunarno, salah satu anggota Tim EMT Haji memberikan pendampingan kepada jemaah yang mengalami sakit pinggang di Tanah Suci. (hajiumrahnews.com)
Ns. Sunarno, salah satu anggota Tim EMT Haji memberikan pendampingan kepada jemaah yang mengalami sakit pinggang di Tanah Suci. (hajiumrahnews.com)

HAJIUMRAHNEWS.COM - Tim Emergency Medical Team (EMT) Haji kembali berhasil membantu mengatasi rasa sakit yang diderita jemaah saat berada di Tanah Suci melalui tindakan preventif.

Perawat Ns. Sunarno, anggota tim EMT Haji Daker Madinah misalnya. Ia bercerita sempat membantu salah seorang jemaah haji pria asal Pati, Jawa Tengah yang mengalami sakit pinggang cukup parah.

"Waktu itu kebetulan saya posisi sekitar 15 meter dari bus kedatangan. Dari kejauhan saya lihat ada bapak yang turun bus tapi tangan kirinya pegang pinggul sambil membungkuk, seperti orang yang nahan sakit," kata Sunarno kepada Hajiumrahnews.com.

Melihat itu, Sunarno pun akhirnya mendekati jemaah tersebut dan membantunya berjalan ke pinggir dekat hotel.

Kemudian Sunarno melakukan analisa dengan pendekatan persuasif. Bapak itu mengaku memang pernah alami sakit pinggang. Terakhir kali sakit itu ia rasakan dua bulan sebelum ke Tanah Suci.

"Saat mau berangkat ke Tanah Suci badannya fit, tapi tiba-tiba ketika di pesawat mulai kambuh. Karena ngga membawa obat-obatan rasa sakit itu ditahan saja, yang dirasa pinggang sebelah kiri dekat pinggul, kemudian lutut kaki dua-duanya sakit terus, terasa kaki kanan dan kiri kesemutan," ungkap Sunarno.

Setelah itu, Sunarno memeriksa jemaah tersebut dan mendapati tekanan darahnya masih bagus, hanya saja suspeknya osteoarthritis dan LBP.

"Sebagai bentuk pertolongan pertama dan setelah dapat arahan dokter spesialis, saya berikan terapi obat anti-analgetik, asam mefenamat 500 mg, terus vitamin B1 100 mg. Saya juga terus berikan semangat kepada si bapak agar semangat, Insya Allah lekas pulih dan bisa kembali beribadah," tuturnya.

Beruntung, langkah preventif tersebut terbukti berhasil. Jemaah itu akhirnya merasa badannya kembali membaik dan dapat mengikuti rangkaian ibadah bersama jemaah haji lainnya.

Halaman:

Editor: Ammar Faizal Haidar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X