• Selasa, 28 Juni 2022

Bahasa Indonesia Semakin Populer di Madinah

- Kamis, 23 Juni 2022 | 11:44 WIB
Petunjuk Arah Berbahasa Indonesia di Masjid Nabawi. (Kemenag)
Petunjuk Arah Berbahasa Indonesia di Masjid Nabawi. (Kemenag)

HAJIUMRAHNEWS.COM - Indonesia merupakan salah satu negara yang mendapatkan kuota haji terbanyak pada setiap musim haji.

Oleh karena itu, untuk memudahkan jemaah haji asal Indonesia, Arab Saudi menyediakan fasilitas bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi.

Kini, bahasa Indonesia kian populer di Arab Saudi khususnya di Madinah. Hal itu terlihat di area masjid, toko-toko penjualan suvenir, maupun kawasan komersial banyak menggunakan bahasa Indonesia termasuk juga petunjuk jalan di Masjid Nabawi.

Seorang penjaga di kawasan Masjid Nabawi, Abdurrahman, mengatakan, penggunaan bahasa Indonesia pada tanda-tanda jalan tersebut karena Indonesia merupakan salah satu negara yang paling banyak jemaahnya di Madinah. Apalagi di musim haji, khususnya di Masjid Nabawi, jemaah Indonesia sangat ramai.

Abdurrahman menambahkan bahasa Indonesia digunakan pada beragam papan pengumuman untuk memudahkan tamu Allah tersebut.

"Untuk memudahkan jemaah dari Indonesia, mereka sangat ramai di sini," ujar Abdurrahman seperti dilansir dari kemanag.go.id pada Kamis (23/6/2022).

Dengan kondisi demikian, jemaah haji Indonesia dengan mudah dapat berkomunikasi di tempat-tempat umum di Madinah. Selain bahasa Indonesia, bahasa isyarat juga menjadi andalan jemaah haji Indonesia.

Hal tersebut sesuai dengan realita. Saat ini ada ribuan orang jemaah Indonesia setiap hari memenuhi Masjid Nabawi. Maka tak heran kalau di dalam masjid, di sudut manapun, pasti bertemu dengan jemaah asal Indonesia.

Saat keluar masjid, dari pintu manapun pasti bertemu dengan jemaah Indonesia. Bahkan, di salah satu sudut majelis ilmu di Masjid Nabawi, salah satu pengajarnya adalah orang Indonesia

Halaman:

Editor: Ahmad Murtadha

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X