• Kamis, 11 Agustus 2022

Hampir Pingsan Saat Lakukan Umrah Sunnah, Seorang Jemaah Haji Indonesia Dirujuk ke RS Ajyad

- Senin, 27 Juni 2022 | 14:41 WIB
Dr. Donny Mulizar MKM, petugas kesehatan daket Makkah membantu jemaah haji. (Hajiumrahnews.com)
Dr. Donny Mulizar MKM, petugas kesehatan daket Makkah membantu jemaah haji. (Hajiumrahnews.com)

HAJIUMRAHNEWS.COM - Seorang jemaah haji perempuan asal Indonesia dari kelompok terbang (kloter) 4 SUB mengalami kelelahan dan hampir pingsan saat sedang melaksanakan umrah sunnah bersama rekan-rekannya.

Menurut Dr. Donny Mulizar MKM, petugas kesehatan daker Makkah, jemaah haji dari sektor 1 Mahbas Jin ini sempat dievakuasi oleh Askar ke Rumah Sakit Ajyad di sekitar Masjidil Haram untuk mendapatkan pertolongan pertama.

"Alhamdulillah, kini jemaah haji tersebut sudah semakin membaik, dan sepenuhnya telah berada di bawah kendali petugas kesehatan haji Indonesia," ungkap Dr. Donny kepada Hajiumrahnews.com, Senin (27/6/2022).

Petugas kesehatan haji tak berhenti memberikan imbauan kepada jemaah agar senantiasa menjaga keamanan dan kesehatan diri saat beribadah.

Sebelum ke Masjidil Haram sebaiknya jemaah tidak menunda jika ingin buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB). Lakukan itu terlebih dahulu saat masih hotel.

Di samping itu, jemaah haji juga diingatkan agar menyiapkan tempat sandal khusus untuk mengantisipasi kehilangan benda penting tersebut.

Jangan memaksakan diri pulang dengan tanpa alas kaki, karena itu bisa mengakibatkan kaki luka dan bahkan melepuh.

Bila merasa sudah lelah, jemaah haji pun bisa memanfaatkan layanan kursi roda yang sudah disediakan.

Editor: Ammar Faizal Haidar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X