• Kamis, 11 Agustus 2022

Bukan Sekedar Hiasan, Inilah Fungsi Gelang yang Dipakai Jemaah Haji

- Senin, 27 Juni 2022 | 18:57 WIB
Jemaah haji Indonesia mengenakan gelang khusus selama di Tanah Suci. (Kemenag)
Jemaah haji Indonesia mengenakan gelang khusus selama di Tanah Suci. (Kemenag)

HAJIUMRAHNEWS.COM - Setiap jemaah haji Indonesia akan diberikan gelang oleh Petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH).

Namun perlu diketahui bahwa gelang itu bukan sekedar cenderamata atau penghias tangan semata.

Sekretaris Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, M. Noer Alya Fitra atau yang akrab disapa Nafit mengatakan, bahwa gelang yang dikenakan jamaah haji Indonesia menjadi ciri khas sekaligus menjadi indentitas pribadi jamaah, karena negara lain tidak ada yang menggunakan gelang logam tersebut. 

"Gelang yang dipakai jamaah itu berisi identitasnya. Karena kita ketahui kebanyakan jamaah kita dari daerah dan pelosok, sehingga untuk memegang dokumen selain yang menempel pada dirinya itu bisa jadi hilang, lupa atau terselip," ucap Nafit seperti dilansir dari Kemenag.go.id, Senin (27/6/2022). 

Nafit menjelaskan, saat ini gelang jamaah haji terbuat dari logam agar tetap awet walaupun terkena air, cahaya dan kepanasan. Sehingga gelang tetap dipakai dan jamaah lebih mudah dikenali. 

"Contoh jamaah meninggal karena mungkin suatu hal itu, kita gampang menganalisisnya dengan melihat gelangnya. Digelang itu tercantum nama, nomor pasport, nomor kloter dan bendera Indonesia," ungkapnya. 

Bahkan bagi pemerintah Arab Saudi, lanjutnya juga mudah mengenali ketika melihat nomor pasport di gelang, disistem mereka akan langsung keluar nama jamaah yang bersangkutan. 

Diungkapkan Nafit, kalau dulu gelang jamaah berbentuk benar-benar gelang tidak ada kunci. Namun pada saat kejadian Mina tahun 2015 lalu karena berdesakan banyak gelang terlepas, sehingga sulit untuk diidentifikasi. 

"Karenanya setelah tahun 2016 kemudian dibuat gelang yang lebih baik yakni ada kuncinya. Diberi pengait untuk lebih menjamin gelang itu tidak lepas ketika ada guncangan-guncangan dan sebagainya," kata Nafit.

Halaman:

Editor: Ammar Faizal Haidar

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X