• Kamis, 11 Agustus 2022

Wahai Jemaah Haji, Inilah 4 Bekal Meraih Kemabruran

- Selasa, 28 Juni 2022 | 10:41 WIB
Jutaan umat muslim menunaikan ibadah haji di Tanah Suci. (Arabnews.com)
Jutaan umat muslim menunaikan ibadah haji di Tanah Suci. (Arabnews.com)

HAJIUMRAHNEWS.COM - Menjadi haji yang mabrur pasti menjadi impian setiap kaum muslim yang telah diberi kesempatan menunaikan rukum Islam kelima tersebut.

Tentu saja, kemabruran tidak serta merta didapatkan oleh jemaah haji. Dibutuhkan sebuah upaya untuk mencapai level tersebut.

Berikut ini 4 bekal meraih kemambruran menurut Konsultan Ibadah Haji, Imam Khoiri.

Pertama, bekal niat yang ikhlas. Niat ikhlas dan ketaqwaan tidak ada niat selain meraih ridha Allah, tidak tercampuri oleh riya’, sum’ah, berbangga diri atau kesombongan.

“Untuk itu, haji harus dilaksanakan dengan tawadhu’, tenang dan khusyu’,” kata Imam Khoiri, seperti dikutip dari Kemenag.go.id, Selasa (27/06/20222).

Mengutip hadis yang diriwayatkan oleh Ibn Majah nomor 2890, Imam menyampaikan, dari Anas bin Malik ra., dia berkata,

“Nabi Muhammad SAW menunaikan haji dengan mengendarai unta dan menghamparkan sehelai kain yang harganya kurang dari empat dirham, lalu beliau berdoa: ‘Ya Allah, jadikanlah haji ini tanpa riya dan mencari kemasyhuran’. (HR. Ibn Majah).

“Bekal terbaik bagi orang yang melaksanakan haji adalah bekal taqwa (bukan koper, uang atau makanan). Doa terbaik untuk orang yang akan berhaji adalah doa agar dibekali dengan taqwa,” lanjutnya.

Kedua, bekal biaya yang halal. Imam Khoiri mengatakan, Allah adalah dzat yang thayyib dan tidak menerima kecuali yang thayyib. Menurutnya, bekal haji harus bersih dari hal-hal syubhat, apalagi haram.

Halaman:

Editor: Nenden Pupu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X