• Kamis, 29 September 2022

Indonesia akan Perjuangkan Jatah Air Zamzam 10 Liter Per Jemaah Haji, Sambil Kaji Tambahan Biaya

- Senin, 1 Agustus 2022 | 13:10 WIB
Jemaah haji Indonesia. (Instagram Kantor Urusan Haji)
Jemaah haji Indonesia. (Instagram Kantor Urusan Haji)

HAJIUMRAHNEWS.COM - Indonesia akan berupaya memperjuangkan agar jatah air zamzam bisa ditambah dari 5 liter menjadi 10 liter per jemaah haji.

Uusulan penambahan jatah air zamzam bagi jemaah menjadi 10 liter ini pun akan segera disampaikan Kementerian Agama (Kemenag) kepada pihak Arab Saudi.

Meski begitu, usulan penambahan ini juga disadari akan berdampak pada penambahan biaya penyelenggaraan haji.

“Memang problem utama proses distribusinya, kalau tambah 5 liter kali 100 ribu jemaah misalnya, kan banyak. Nanti biayanya bagaimana ini sedang kita kaji,” kata Dirjen Penyelenggaraan Haji Umrah Kemenag, Hilman Latief dalam keterangan tertulis yang diterima Hajiumrahnews.com, Senin (1/8/2022).

Di samping itu, Indonesia juga tengah mengevaluasi masalah pembatasan usia jemaah haji. Pasalnya, saat ini terdapat 750 ribu jemaah lansia Indonesia yang harus difasilitasi secara proporsional.

“Jangan sampai haji ini eksklusif, kecuali ada faktor terkait protokol kesehatan. Misalnya tahun ini dibatasi usia 65 tahun,” kata dia.

Di luar itu, Hilman menyebut bahwa penyelenggaraan haji tahun ini menunjukkan tingkat kepuasan jemaah meningkat.

“Kita tidak menilai sendiri tapi dari PHU memastikan prosedur yang kita tentukan bisa dijalankan. Aturan terkait pelayanan juga dijalankan. Apakah jemaah puas? Insya Allah kami sedang meminta lembaga independen untuk mensurvei,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Ditjen PHU, Saiful Mujab mengatakan, untuk kepulangan, seluruh debarkasi dan asrama haji juga telah siap menyambut jemaah. 

Halaman:

Editor: Nenden Pupu

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X