• Kamis, 29 September 2022

Biaya Haji Reguler Kini Hampir Rp100 Juta, Ketua Komisi VIII DPR: Masyarakat Perlu Tahu

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 17:57 WIB
Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto. (Tangkapan layar Instagram Yandri Susanto)
Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto. (Tangkapan layar Instagram Yandri Susanto)

HAJIUMRAHNEWS.COM - Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto mengungkapkan bahwa biaya haji reguler saat ini sudah hampir mencapai Rp100 juta per jemaah.

Tingginya biaya pelaksanaan haji tersebut diakibatkan oleh naiknya berbagai harga fasilitas layanan di Arab Saudi, khususnya biaya masyair di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna). 

"Masyarakat perlu tahu info ini agar dapat menyaring dan meluruskan informasi apalagi jika ada hoax penggunaan dana haji yang bukan untuk kepentingan haji," kata Yandri dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/8/2022). 

Meski biaya pelaksanaan haji meningkat, namun Yandri menegaskan bahwa pemerintah tidak membebankan tambahan biaya kepada jemaah haji.  

"Masyarakat hanya membayar rata-rata Rp35 juta, dengan pelayanan baik di dalam negeri dan di Tanah Suci yang juga terus ditingkatkan agar badah bisa nyaman dan khusyu," ungkap Yandri.

Di samping itu, Yandri juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan haji tahun 2023 akan diprioritaskan bagi jemaah haji usia di atas 65 tahun.

"Banyak masyarakat yang bertanya tentang nasib jemaah yang sudah mengantri sekian lama namun belum bisa berangkat untuk menunaikan ibadah haji karena usia yang tidak sesuai ketentuan dari pemerintah Arab Saudi, jangan khawatir mudah-mudahkan pemerintah akan memperjuangkan jemaah ini," tandasnya.

Berdasarkan data Kementerian Agama, ada kurang lebih 57.000 jemaah dengan usia lanjut yang memerlukan perhatian dan menanti untuk diberangkatkan ibadah menuju Tanah Suci.

 

Halaman:

Editor: Ammar Faizal Haidar

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X