• Kamis, 29 September 2022

Alhamdulillah, Saudi Izinkan Jemaah Cium Hajar Aswad!

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:28 WIB
Jemaah mengantre untuk bisa mencium Hajar Aswad.  (Istimewa)
Jemaah mengantre untuk bisa mencium Hajar Aswad. (Istimewa)

HAJIUMRAHNEWS.COM - Kerajaan Arab Saudi melalui Kepresidenan Umum Dua Masjid Suci Makkah dan Madinah akhirnya mengizinkan kembali jemaah mencium Hajar Aswad.

Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi seluruh masyarakat muslim di dunia, yang sudah sekitar dua setengah tahun dilarang mencium batu suci tersebut.

Sebelumnya akses ini ditutup selama lebih dari dua tahun akibat pandemi. Lebih tepatnya sejak Februari 2020.

Larangan akses ini dilengkapi dengan pemberian pembatas di sekeliling Ka'bah. Sehingga tidak ada jemaah yang bisa melanggar dan memasuki area ini.

Baru pada Selasa malam waktu setempat, pembatas di sekitar area Ka'bah akhirnya dibuka. Seperti yang dilaporkan oleh media pemberitaan resmi dari kedua masjid suci Haramain Sharifain melalui akun Twitternya.

"Di bawah bimbingan Presiden Jenderal Sheikh Abdul Rahman Sudais dan untuk kepentingan memfasilitasi para jemaah, Kepresidenan telah mengembangkan rencana untuk menyelenggarakan salat di Hajar Ismail dan mencium Hajar Aswad dalam suasana yang aman, spiritual dan sehat", kata pernyataan resmi dari Kepresidenan pada Selasa malam, seperti yang dikutip dari Ummid.

Akun Twitter Haramain Sharifain juga mengunggah beberapa foto dan video yang menunjukkan antusiasme para jemaah atas dibukanya akses ini.

Para jemaah terlihat mengantri untuk menyentuh Kabah dan Hajar Aswad secara langsung.

Editor: Ahmad Murtadha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Dapat Gelar Adat 'La Ode' dari Kesultanan Buton

Selasa, 27 September 2022 | 14:00 WIB

Kemenag Ingatkan Pembimbing Haji Wajib Punya Sertifikat

Senin, 26 September 2022 | 08:00 WIB
X