• Selasa, 29 November 2022

Amphuri Kirim Surat Terbuka untuk Presiden Jokowi Terkait Masalah Umrah, Begini Isinya

- Selasa, 27 September 2022 | 12:40 WIB
Masjidil Haram. (Pixabay/ODIEN)
Masjidil Haram. (Pixabay/ODIEN)

HAJIUMRAHNEWS.COM - Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji Umrah Republik Indonesia (Amphiri) membuat surat terbuka untuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Surat tersebut berisi sejumlah problamatika penyelenggaraan umrah yang saat ini tengah dihadapi para Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) beserta calon jemaah.

 

Berikut ini isi surat tersebut, yang ditulis oleh Kepala Bidang Umrah Amphuri, Zaky Zakaria.

Surat Untuk Presiden, dari kami Jemaah Umrah

Pak Presiden mungkin tahu, saat pandemi 2 tahun lebih masyarakat Indonesia tidak bisa melaksanakan umrah dan haji. Usaha dibidang umrah dan haji pun tutup total, melihat banyak sektor lain banyak dapat subsidi usaha, sektor ini bisa dikatakan sama sekali tidak dapat, kami tetap sabar walaupun tidak dinafikan banyak usaha umrah dan haji resmi yang tutup atau dijual karena tidak bisa bertahan saat pandemi.

Awal musim umrah 2022-2023, mulai sejak awal Agustus saat umrah dibuka, tapi kami dihadapkan dengan kondisi yang merugikan kami. Bagiamana tidak tiba tiba harga tiket pesawat umrah naik antara Rp2-Rp4 juta, kami masyarakat yang mau umrah tetap sabar walaupun berat.

Sebenarnya Pemerintah sudah tepat menempatkan Program Ibadah Umrah & Haji dengan mengkategorikan bukan bisnis tapi ibadah sehingga Dirjen Pajak merelaksasi Pajak Umrah & Haji.

Namun di sisi lain masyarakat Indonesia yang ingin Ibadah Umrah & Haji merasa didikriminasi dan dipersulit, mulai dari pembuatan passport, meminta rekomendasi dari Kemenag, susahnya mendapatkan Vaksin miningitis dll, padahal Tour atau wisata ke luar negeri selain ibadah & Umrah tidak dipersyaratkan seberat Umrah & Haji.

Halaman:

Editor: Nenden Pupu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X