Puskes Haji Harap Data Jemaah Berangkat 2023 Segera Diumumkan

- Jumat, 20 Januari 2023 | 11:35 WIB
Tim EMT Haji memberikan layanan kesehatan kepada jemaah haji yang sedang sakit. (Hajiumrahnews.com)
Tim EMT Haji memberikan layanan kesehatan kepada jemaah haji yang sedang sakit. (Hajiumrahnews.com)

HAJIUMRAHNEWS.COM - Pusat Kesehatan (Puskes) Haji saat ini terus melakukan berbagai langkah sosialisasi kepada calon jemaah haji agar mempersiapkan kesehatan sejak dini.

Menurut Kepala Puskes Haji, Liliek Marhaendro Susilo pihaknya telah masuk dalam tahap siaga untuk membangun kesehatan fisik calon jemaah.

"Kami menyarankan jemaah untuk dapat melakukan aktivitas sehari-hari secara mandiri. Hal ini perlu jadi perhatian khusus karena ibadah haji membutuhkan stamina dan aktivitas fisik yang cukup berat,” kata Liliek saat melakukan Rapat Koordinasi dengan Kementerian Agama, Rabu (18/1/2023) di Jakarta.

Selain itu, lanjut Liliek, Puskes Haji juga akan menganalisis data penyakit yang diderita jemaah. Ini dilakukan karena waktu persiapan jemaah yang semakin menipis.

“Kurang lebih 3 bulan lamanya, kami berharap data jemaah berangkat 2023 dapat segera diumumkan,” tandas Liliek.

Sementara itu Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief mengapresiasi Pemerintah Arab Saudi yang telah menetapkan kuota jemaah Indonesia sebesar 221.000.

Terkait kesehatan jemaah, ia meminta Puskes Haji menetapkan standarisasi screening kesehatan untuk jemaah haji.

“Alhamdulillah pada haji tahun ini, euforia masyarakat luas terutama lansia cukup besar. Banyak harapan yang kami tampung. Karena waktu persiapan dan keberangkatan yang sudah cukup dekat, kami perlu tahu bagaimana standarisasi screening kesehatan jemaah. Apakah perlu ke level tinggi atau sampai sedang saja?” ungkap Hilman 

Dirinya menyampaikan proses update jemaah haji berhak berangkat sedang dalam proses, untuk itu sinergi dan kolaborasi antar kementerian atau lembaga harus dijalankan secara intens.

Halaman:

Editor: Ahmad Murtadha

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X