• Selasa, 29 November 2022

Ini Keutamaan Itikaf di 10 Malam Terakhir Ramadhan, Yuk Simak Tata Caranya

- Rabu, 13 April 2022 | 12:44 WIB
Itikaf di 10 malam bulan Ramadhan. (pixabay/Syaifulptak57)
Itikaf di 10 malam bulan Ramadhan. (pixabay/Syaifulptak57)

HAJIUMRAHNEWS.COM - Itikaf di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan memiliki keutamaan dibandingkan malam-malam yang lain.

Beberapa pendapat mengatakan amalan ini dilakukan untuk menyambut malam Lailatul Qadar.

Dr. Ahmad Abdurrazaq Al-Kubaisi dalam bukunya, 'Itikaf Penting dan Perlu' mengatakan, itikaf berasal dari bahasa Arab 'akafa yang bermakna menetap, mengurung diri atau terhalangi.

Menurut istilah syar'i masyhur di kalangan ulama dan fuqaha, itikaf adalah menetap atau berdiam dalam masjid disertai puasa dan adanya niat. Perintah itikaf disebutkan dalam Al Quran surat Al-Baqarah ayat 125

وَإِذْ جَعَلْنَا ٱلْبَيْتَ مَثَابَةً لِّلنَّاسِ وَأَمْنًا وَٱتَّخِذُوا۟ مِن مَّقَامِ إِبْرَٰهِۦمَ مُصَلًّى ۖ وَعَهِدْنَآ إِلَىٰٓ إِبْرَٰهِۦمَ وَإِسْمَٰعِيلَ أَن طَهِّرَا بَيْتِىَ لِلطَّآئِفِينَ وَٱلْعَٰكِفِينَ وَٱلرُّكَّعِ ٱلسُّجُودِ

Artinya: "Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: "Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang i'tikaf, yang ruku' dan yang sujud".

Tata Cara Itikaf: Menurut hadits nabi sebagaimana diriwayatkan dalam Bukhari, Muslim, dan Ashabus Sunan, waktu pelaksanaan itikaf dilakukan pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Ibnu Umar ra berkata:"Adalah Rasulullah SAW dahulu menjalankan itikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan." (HR. Bukhari, Muslim, dan Ashabus Sunan).

Sementara itu, masih dalam buku yang sama, berdasarkan ijma para ulama, kesunnahan melakukan itikaf pada hari-hari biasa disepanjang tahun merupakan bentuk taqarrub (ketaatan) kepada Allah SWT dan ibadah nawafil (tambahan) yang akan mendatangkan pahala bagi yang melakukan.

Sebelum menjalankan ibadah ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebagaimana menjadi kesepakatan para ulama. Berikut syarat itikaf yang disepakati para ulama, Islam, Berakal, Suci dari junub, haid, dan nifas, Niat dan di Masjid.

Halaman:

Editor: Nenden Pupu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Amalan yang Pahalanya Setara dengan Ibadah Haji

Selasa, 21 Juni 2022 | 12:18 WIB

Berdoalah Saat Berada dalam 5 Keadaan Ini

Rabu, 12 Januari 2022 | 01:57 WIB

4 Amalan Pendatang Rejeki di Bulan Ramadhan

Selasa, 14 Mei 2019 | 18:27 WIB

Doa Ketika Melintasi Maqam Ibrahim

Selasa, 17 Juli 2018 | 09:33 WIB

Doa Ketika di Multazam

Selasa, 17 Juli 2018 | 09:18 WIB

Doa Setelah Shalat di Belakang Maqam Ibrahim

Minggu, 15 Juli 2018 | 09:07 WIB

Doa Setelah Shalat Mutlaq di Hijir Ismail

Sabtu, 14 Juli 2018 | 09:02 WIB
X