• Kamis, 28 September 2023

Akhirnya! Menlu Saudi dan Iran Gelar Pertemuan Resmi Bersejarah di Beijing

- Kamis, 6 April 2023 | 14:52 WIB
Menlu Arab Saudi (kiri) dan Menlu Iran (kanan) melakukan pertemuan resmi di Beijing. (Arabnews)
Menlu Arab Saudi (kiri) dan Menlu Iran (kanan) melakukan pertemuan resmi di Beijing. (Arabnews)

HAJIUMRAHNEWS.COM - Untuk pertama kalinya, pertemuan bersejarah antara Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi Faisal bin Farhan Al-Saud dan Menlu Iran Hossein Amirabdollahian akhirnya terwujud.

Dua diplomat tertinggi dari masing-masing negara itu bertemu di Beijing, China, pada Kamis (6/4/2023).

Dilansir dari Arabnews, keduanya sepakat untuk membuka kembali rute penerbangan ke masing-masing negara.

Mereka juga sepakat untuk kembali membuka kantor kedutaan dan konsulat masing-masing, baik di Jeddah dan Masyhad, serta memulai lagi kunjungan pejabat dan delegasi sektor swasta, setelah 7 tahun lamanya terputus.

Video yang diposting di akun Twitter TV pemerintah Saudi Al-Ekhbariya sebelumnya menunjukkan kedua diplomat berdiri berdampingan sebelum saling menyapa dan berjabat tangan.

Kedua negara dalam pernyataannya menyampaikan penghargaan kepada pemerintah China karena telah menjadi tuan rumah pertemuan tersebut, dan juga berterima kasih kepada pemerintah Swiss atas upayanya dan menghargai upayanya untuk menjaga kepentingan Saudi dan Iran.

Arab Saudi dan Iran awal bulan lalu sepakat untuk membangun kembali hubungan diplomatik dan membuka kembali kedutaan mereka setelah bertahun-tahun ketegangan yang tidak nyaman antara kedua negara, dalam pembicaraan yang ditengahi oleh China.

Riyadh dan Teheran juga sepakat untuk mengaktifkan perjanjian kerjasama keamanan yang ditandatangani pada tahun 2001 dan perjanjian perdagangan, ekonomi dan investasi yang ditandatangani pada tahun 1998, menurut pernyataan trilateral yang dikeluarkan pada 10 Maret.

Perjanjian untuk memperbarui hubungan ditandatangani oleh penasihat keamanan nasional Arab Saudi Musaed bin Mohammed Al-Aiban dan pejabat tinggi keamanan Iran Ali Shamkhani.

Editor: Ammar Faizal Haidar

Sumber: Arabnews

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X