Perkuat Digitalisasi, Kemendes PDTT Wajibkan Setiap Desa Miliki Website

- Rabu, 13 April 2022 | 11:21 WIB
Salah satu sudut di desa wisata Alam Endah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (Istimewa)
Salah satu sudut di desa wisata Alam Endah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (Istimewa)

HAJIUMRANNEWS.COM - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mewajibkan setiap desa untuk membuat websitenya sendiri.

Wamendes PDTR, Budi Arie Setiadi mengungkapkan, bahwa pembuatan website dapat menjadi langkah awal penguatan digitalisasi di tingkat desa.

Menurut Budi Arie, pembuatan website dapat direalisasikan dengan memanfaatkan dana desa sesuai Permendes No 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022.

“Permendes sudah memungkinkan untuk desa membuat website dengan dana desa. Sudah dilindungi oleh ragulasi jadi seharusnya bisa direalisasikan,” ujar Budi Arie dalam keterangan tertulis yang diterima Hajiumrahnews.com, Rabu (13/4/2022).

Website di setiap desa dapat dijadikan sebagai sarana untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan pembangunan desa yang dilaksanakan baik oleh kepala desa maupun masyarakat.

Tidak hanya itu, adanya website juga menjadi salah satu sarana pendukung agar arsip di desa dapat tersimpan secara digital termasuk data.

Budi Arie menyatakan bahwa data dari desa adalah data mikro karena tercatat sesuai dengan kenyataannya dan langsung dari aktor yang bersangkutan. Benar tidaknya data tersebut adalah kunci utama untuk menentukan kebijakan dalam membangun desa.

“Data dari desa itu paling reliabel, paling bisa diandalkan. Data makin detail itu makin bagus. Pembangunan harus berbasis data untuk menciptakan kebijakan sesuai dengan kebutuhan desa,” jelas Budi Arie.

“Saya orang yang ngotot soal data. Kalau datanya benar dan update pasti kebijakan tidak akan meleset. Kalau datanya sudah tidak benar ya bagaimana mungkin kebijakan yang diciptakan sesuai dengan kebutuhan. Kan susah kalau begitu," tambah Budi Arie.

Halaman:

Editor: Nenden Pupu

Sumber: Kemendes

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X