• Selasa, 29 November 2022

Hubungan Albania-Iran Retak, Tirana Minta Diplomat Tehran Angkat Kaki dalam Waktu 24 Jam

- Jumat, 9 September 2022 | 15:29 WIB
Bendera Iran. (Pixabay/jorono)
Bendera Iran. (Pixabay/jorono)

HAJIUMRAHNEWS.COMAlbania memutuskan untuk mengakhiri hubungan diplomatik dengan Iran, usai negara Eropa Tenggara tersebut mengetahui bahwa Iran melakukan serangan siber.

Tidak tanggung-tanggung, Albania juga mengultimatum diplomat Iran agar segara angkat kaki dari Tirana, dalam waktu 24 jam.

"Pemerintah telah memutuskan dengan segera untuk mengakhiri hubungan diplomatik dengan Republik Islam Iran," kata Perdana Menteri Albania, Edi Rama seperti dilansir dari Sindonews.com, Jumat (9/9/2022).

"Tanggapan ekstrem ini sepenuhnya sebanding dengan gravitasi dan risiko serangan siber yang mengancam melumpuhkan layanan publik, menghapus sistem digital dan meretas catatan negara, mencuri komunikasi elektronik intranet pemerintah, dan menimbulkan kekacauan dan ketidakamanan di negara ini," sambung Edi Rama.

Ia menyakini, bahwa berdasarkan penyelidikan mendalam, Iran terbukti melakukan serangan siber terhadap Albania.

Iran sendiri tidak langsung memberikan respon atas pengumuman yang dibacakan oleh Rama.

Bukan hanya Albania, Amerika Serikat (AS) juga mengatakan pihaknya menyimpulkan setelah melakukan penyelidikan selama berminggu-minggu bahwa Iran berada di balik serangan siber 15 Juli lalu.

"Amerika Serikat akan mengambil tindakan lebih lanjut untuk meminta pertanggungjawaban Iran atas tindakan yang mengancam keamanan sekutu AS dan menjadi preseden yang meresahkan bagi dunia maya," kata Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Gedung Putih mengatakan pemerintah AS telah berada di lapangan selama berminggu-minggu dengan mitra sektor swasta untuk menyelidiki dan membantu Albania pulih dari serangan yang menghancurkan data pemerintah dan mengganggu layanan publik.

Halaman:

Editor: Nenden Pupu

Sumber: sindonews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waduh! Rusia Terjerembap di Jurang Resesi

Kamis, 17 November 2022 | 10:22 WIB
X