• Selasa, 29 November 2022

Amerika Serikat Kecam Ancaman Putin soal Nuklir

- Kamis, 22 September 2022 | 08:35 WIB
Amerika Serikat Kecam Ancaman Putin soal Nuklir  (Muhammad Basir-Cyio)
Amerika Serikat Kecam Ancaman Putin soal Nuklir (Muhammad Basir-Cyio)

HAJIUMRAHNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengecam pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin yang dianggap tidak bertanggung jawab.

Putin disebut Biden, menuduh Barat melakukan “pemerasan nuklir” sebelum merujuk pada akses Moskow sendiri ke banyak senjata. Putin pula mengumumkan mobilisasi parsial Rusia usai pertempuran, dengan harapan membalikkan kerugian militer Rusia

Berbicara di Majelis Umum PBB, pada Rabu, 21 September 2022, Biden mengutuk keputusan itu dan provokasi terkaitnya, mendesak diakhirinya perang dengan syarat yang adil.

“Seperti Anda, AS ingin perang ini berakhir dengan adil, karena Anda tidak dapat merebut wilayah suatu negara dengan paksa," kata Biden, menyadur Arabnews.com.

Baca Juga: Perjalanan Cinta Dedi Mulyadi, Buru Hati Anne Ratna Mustika tapi Ditolak Bupati Purwakarta

“Namun satu-satunya negara yang menghalangi ini adalah Rusia. Kita harus jelas, tegas dan teguh dalam tekad kita," katanya.

Rusia tanpa malu-malu melanggar prinsip inti Piagam PBB, tidak lebih dari dengan mengambil wilayah tetangga dengan paksa," ujar dia.

Biden mengatakan saat desakan untuk penghentian perang tersebut, Putin justru membuat ancaman nuklir terhadap Eropa.

"Memanggil lebih banyak rekrutan untuk bergabung dalam pertarungan sembrono ini, dan telah memulai referendum palsu dalam upaya untuk mencaplok negara-negara ini dengan paksa. Ini adalah perang yang tidak perlu," kata Presiden Amerika Serikat.

Halaman:

Editor: Ahmad Murtadha

Sumber: Arabnews

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waduh! Rusia Terjerembap di Jurang Resesi

Kamis, 17 November 2022 | 10:22 WIB
X