Alhamdulillah! Presiden Jokowi Kirim Dua Pesawat Berisi Bantuan Kemanusiaan untuk Rakyat Pakistan

- Senin, 26 September 2022 | 18:29 WIB
Presiden Jokowi saat melepas keberangkatan dua pesawat yang membawa bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk rakyat Pakistan. (Kemlu)
Presiden Jokowi saat melepas keberangkatan dua pesawat yang membawa bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk rakyat Pakistan. (Kemlu)

HAJIUMRAHNEWS.COM ‚Äč- Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) melepas keberangkatan dua pesawat yang mengangkut bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk rakyat Pakistan yang terdampak banjir bandang.

Dua pesawat khusus tersebut berisi paket obat-obatan, tenda, pakaian, selimut, kantong tidur, kelambu, dan generator.

"Atas nama pribadi dan juga atas nama rakyat Indonesia kami ikut berduka cita yang mendalam kepada Saudara-saudara di Pakistan yang menjadi korban jiwa akibat bencana banjir dan tanah longsor," kata Presiden Jokowi, Senin (26/9/2022), seperti dilansir dari Kemlu.go.id.

Presiden Jokowi juga menjanjikan penyaluran bantuan dana hibah sebesar 1 juta USD dan akan mengirimkan tim medis ke Pakistan.

 

Total bantuan hibah non-tunai dari Indonesia untuk Pakistan adalah senilai 1,2 juta USD dengan berat tonase sekitar 90 ton.

Saat ini tengah dilakukan assessment kebutuhan mendesak di lokasi yang terdampak banjir oleh Tim dari BNPB dengan berkonsultasi langsung dengan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Korrdinaator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Secara bersama-sama, ketiga institusi tersebut telah mengambil beberapa inisiatif pengumpulan bantuan kemanusiaan bagi Pakistan dari berbagai segmen di masyarakat Indonesia, termasuk dari BUMN, pengusaha dan masyarakat sipil.

Dalam kesempatan terpisah, KBRI Islamabad dan KJRI Karachi juga telah mengambil inisiatif menggalang bantuan kemanusiaan bersama para pelajar Indonesia dan diaspora Indonesia di Pakistan.

Halaman:

Editor: Ammar Faizal Haidar

Sumber: kemlu.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Al-Qur'an Dibakar di Swedia, Kemenag: Penistaan Agama!

Selasa, 24 Januari 2023 | 13:35 WIB

MFM, Kiai Cabul di Ponpes Jember Diamankan Polisi

Selasa, 17 Januari 2023 | 16:09 WIB

Rumah Dinas Kapolda Papua Ludes Terbakar

Selasa, 17 Januari 2023 | 09:48 WIB
X