Arab Saudi Sumbang Rp785 Miliar untuk Pandemic Fund yang Digagas Indonesia

- Kamis, 17 November 2022 | 09:44 WIB
Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan. (Arabnews.com)
Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan. (Arabnews.com)

HAJIUMRAHNEWS.COM - Arab Saudi menyumbang sebesar $50 juta dolar AS atau Rp785 miliar untuk mendukung program pendanaan pandemi (Pandemic Fund) yang digagas oleh Presidensi G20 Indonesia.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan, seperti dilansir dari Arabnews.com, Kamis (17/11/2022).

Hingga akhir perhelatan KTT G20 Indonesia di Bali, total Pandemic Fund telah terkumpul sebanyak US$ 1,5 miliar atau setara Rp23,4 triliun (kurs Rp 15.600).

“Dalam jangka pendek ini, pertama dunia harus mempunyai kapasitas pembiayaan untuk mencegah dan menghadapi pandemi, yang kedua membangun ekosistem kesehatan yang tersinergikan lintas negara,” ujar Presiden RI Joko Widodo, saat meluncurkan Pandemic Fund, Minggu (13/11/2022).

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, bahwa Pandemic Fund akan memberikan pembiayaan untuk kapasitas pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons (PPR) pandemi yang akan datang.

“Dana pandemi adalah landasan di mana kita akan membangun kembali dan memperkuat arsitektur kesehatan global. Ini merupakan kemajuan besar pertama dari prioritas jalur kesehatan G20 tahun ini,” tutur Menkes Budi.

 

Editor: Ahmad Murtadha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X