• Selasa, 29 November 2022

BMKG Ungkap Penyebab Gempa Cianjur yang Renggut 20 Nyawa

- Senin, 21 November 2022 | 16:52 WIB
Pray for Cianjur. (Istimewa)
Pray for Cianjur. (Istimewa)

HAJIUMRAHNEWS.COM - Musibah gempa bumi berkekuatan 5,6 magnitudo di Kabupaten Cianjur Jawa Barat, telah menewaskan sekitar 20 orang.

Saat ini Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terus memantau data pasca gempa yang juga mengakibatkan korban luka lebih dari 100 orang tersebut.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menyampaikan, bahwa berdasarkan hasil analisis sementara, gempa diduga akibat adanya patahan.

"Sementara data kami mengarah dimungkinkan diduga di patahan Cimandiri atau bisa juga di Padalarang," kata Dwi saat jumpa pers, seperti dikutip Senin (21/11/2022).

Dwikorita menambahkan, pihaknya tidak menutup kemungkinan jika patahan yang terjadi terhadap gempa di Cianjur berpengaruh terhadap patahan lain. Namun, menurut dia hal itu perlu pendalaman para ahli lebih lanjut.

"Apakah ada pengaruhnya ke patahan lain harus ada pendalaman lebih lanjut," singkat dia.

Sebagai tindakan lanjutan, Dwikorita dan deputi BMKG mengaku akan segera meninjau langsung ke lokasi terdampak di Cianjur.

Hal itu dirasa perlu, tujuannya untuk melakukan verifikasi langsung selain update berkala secara otomatis.

"Kita terus analisis, kita terus koordinasi banyak pihak, kami mengirim ke lapangan Insya Allah saya dan pak deputi, tim kita sebar, ada tim yang melakukan pengukuran langsung melalui survei, lalu ada tim healing untuk menenangkan masyarakat, lalu juga ada tim yang berkomando dengan BNPB," Dwikorita menutup.

Halaman:

Editor: Ammar Faizal Haidar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagi, Cianjur Diguncang Gempa Susulan Magnitudo 3,9

Rabu, 23 November 2022 | 14:05 WIB

Duka Cianjur! 1.362 Bangunan Rusak Akibat Gempa

Senin, 21 November 2022 | 19:08 WIB
X