• Selasa, 29 November 2022

Khawatir Gempa Susulan, Pasein di Cianjur Pilih Dirawat di Troroar

- Selasa, 22 November 2022 | 14:42 WIB
Para pasien korban gempa Cianjur dirawat di trotoar. (Hajiumrahnews.com)
Para pasien korban gempa Cianjur dirawat di trotoar. (Hajiumrahnews.com)


HAJIUMRAHNEWS.COM - Karena trauma terjadi gempa susulan, pasien di Cianjur tidak mau dirawat di dalam rumah sakit, mereka lebih memilih dirawat di trotoar.

Hal ini sebagaimana klarifikasi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil terhadap isu rumah sakit yang overload, pada Selasa, (22/11/2022).

"Pasien tidak mau dirawat di dalam ruangan karena takut gempa sehingga perawatan dilakukan di luar," tulis Ridwan Kamil di akun Instagram pribadinya, Selasa (22/11/2022).

Melihat fenomena tersebut, Ridwan Kamil lebih memilih memindahkan 100 orang yang berada di outdoor ke Rumah Sakit di Kota Sukabumi, Cimahi bahkan Bandung. Maka dari itu, pasien yang awalnya banyak tergeletak di parkiran, sekarang sudah tidak terlihat lagi.

“100 korban yang dirawat outdoor sudah kami pindahkan ke Rumah Sakit di Kota Sukabumi, Cimahi dan Bandung. Sehingga tidak banyak yang bergeletakan di halaman parkir lagi,” tulis Gubernur yang akrab dipanggil RK.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sudah menyiapkan fasilitas kesehatan sebagai upaya cepat tanggap korban gempa Cianjur. Di antara fasilitas tersbeut yaitu:

1. RSUD Cianjur
2. Puskesmas Cugenang Kabupaten Cianjur
3. Puskesmas Pacet Kabupaten Cianjur
4. Puskesmas Cireunghas, Kabupaten Sukabumi.

Selain itu, pemerintah melakukan pemetaan perawatan pasien. Perawatan korban luka kategori ringan diarahkan untuk dirawat jalan atau di RS Cimacan. Pasien dengan luka sedang dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara dan RS Lapangan TNI.

Sedanggkan bagi mereka yang mengalami kondisi kritis dan membutuhkan operasi besar, diarahkan ke 3 rumah sakit di Jawa Barat, yaitu Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, RSUD Kota Bogor, dan RS Sukabumi.

Gubernur dengan sapaan Kang Emil ini menulis beberapa yang dapat dihubunngi untuk mencari identitas dari korban Cianjur. Warga bisa menghubungi Call Center 115 untuk Basarnas dan 117 untuk BPBD.

Halaman:

Editor: Ammar Faizal Haidar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagi, Cianjur Diguncang Gempa Susulan Magnitudo 3,9

Rabu, 23 November 2022 | 14:05 WIB

Duka Cianjur! 1.362 Bangunan Rusak Akibat Gempa

Senin, 21 November 2022 | 19:08 WIB
X