Pembangunan Bandara Internasional King Salman, Ambisi Saudi Menjadi Pusat Logistik Tiga Benua

- Selasa, 29 November 2022 | 13:58 WIB
Desain Bandara Internasional King Salman, Arab Saudi. (Hajiumrahnews.com)
Desain Bandara Internasional King Salman, Arab Saudi. (Hajiumrahnews.com)

HAJIUMRAHNEWS.COM - Menteri Perhubungan dan Layanan Logistik Arab Saudi, Saleh Al-Jasser menyampaikan ambisi besar Arab Saudi dibalik rencana pembangunan Bandara Internasional King Salman.

Menurut Saleh, Arab Saudi berambisi menjadi pusat logistik global yang menghubungkan tiga benua, Eropa, Asia dan Afrika.

 

Selain itu, Bandara Internasional King Salman juga diprediksi mampu mendongkrak sektor strategi nasional lainnya, seperti perdagangan, industri, dan pariwisata."

"Bandara akan menjadi pusat ekonomi yang canggih, landmark perkotaan, model transportasi terintegras dan ramah lingkungan, yang akan berkontribusi pada pengembangan industri logistik dan meningkatkan ekonomi penerbangan sesuai dengan tujuan strategi penerbangan sipil," kata Saleh seperti dilansir dari Saudigazette, Selasa (29/11/2022).

Bandara Internasional King Salman akan melayani 250 tujuan penerbangan internasional, mengangkut 330 juta penumpang dan meningkatkan kapabilitas sektor kargo udara dengan menggandakan kapasitasnya hingga mencapai lebih dari 4,5 juta ton.

Sebelumnya, Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman mengumumkan masterplan proyek pembangunan Bandara Internasional Raja Salman ini.

Bandara yang akan dibangun di Kota Riyadh ini bakal menjadi salah satu lapangan terbang terbesar di dunia, dengan enam lintasan penerbangan.

Keberadaan Bandara Internasional King Salman juga diharapkan mampu memberikan kontribusi sebesar SR27 miliar ($7,18 miliar) setiap tahun untuk produk domestik bruto non-minyak Arab Saudi.

Halaman:

Editor: Nenden Pupu

Sumber: Saudi Gazette

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X