Seperti di Indonesia, Arab Saudi Juga Keluarkan Aturan Pembatasan Pengeras Suara Masjid

- Jumat, 20 Januari 2023 | 11:37 WIB
Speaker Masjid (Istimewa)
Speaker Masjid (Istimewa)

HAJIUMRAHNEWS.COM - Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan aturan untuk membatasi penggunaan pengeras suara di masjid.

Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Arab Saudi, Sheikh Dr. Abdul Latif Bin Abdulaziz Al-Sheikh telah menetapkan jumlah pengeras suara eksternal yang digunakan di masjid untuk mengumandangkan adzan sebanyak empat buah saja.

Dilansir di Saudi Gazette pada Jumat (20/1/2023), Dr. Al-Sheikh telah menginstruksikan para pengurus masjid untuk mencopot pengeras suara yang melebihi batas yang ditentukan.

Semua masjid diminta menyimpan pengeras suara yang berlebih di gudang, sebagai cadangan atau mendistribusikannya ke masjid yang jumlahnya tidak mencukupi.

Peraturan pembatasan pengeras suara juga pernah diberlakukan di Indonesia oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pada Februari 2022 lalu.

Menag menyebut penggunaan pengeras suara di masjid dan musala memang merupakan kebutuhan bagi umat Islam sebagai salah satu media syiar Islam di tengah masyarakat.

Namun menurutnya, penggunaannya harus dibatasi. Pasalnya, masyarakat Indonesia juga beragam, baik agama, keyakinan, latar belakang, dan lainnya. Sehingga, diperlukan upaya untuk merawat persaudaraan dan harmoni sosial.

“Pedoman ini agar menjadi pedoman dalam penggunaan pengeras suara di masjid dan musala bagi pengelola (takmir) masjid dan musala dan pihak terkait lainnya sebagai upaya meningkatkan ketenteraman, ketertiban, dan keharmonisan antarwarga masyarakat,” ujar Menag Yaqut pada Senin (21/2/2022) lalu.

Editor: Nenden Pupu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X