• Selasa, 28 Juni 2022

Beri Orasi Ilmiah di Acara Wisuda STES Bhakti Nugraha, CEO Gaido Group Tularkan Semangat Entrepreneurship

- Selasa, 21 Juni 2022 | 17:46 WIB
CEO dan Founder Gaido Group, M Hasan Gaido memberikan orasi ilmiah di acara Wisuda Angkatan Pertama STES Bhakti Nugraha.  (Hajiumrahnews.com)
CEO dan Founder Gaido Group, M Hasan Gaido memberikan orasi ilmiah di acara Wisuda Angkatan Pertama STES Bhakti Nugraha. (Hajiumrahnews.com)

HAJIUMRAHNEWS.COM - CEO dan Founder Gaido Group, M Hasan Gaido memberikan orasi ilmiah pada acara Dies Natalis dan Wisuda Perdana Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah (STES) Bhakti Nugraha, Kota Tangerang, Banten, Selasa (21/6/2022), di Hotel Arossa, Tangsel.

Di hadapan para wisudawan, Hasan Gaido menyampaikan pentingnya memiliki dan membangun jiwa entrepreneurship. Pasalnya, saat ini Indonesia membutuhkan lapangan pekerjaan yang luas untuk mengatasi tingkat pengangguran yang tinggi.

"Kalau masih berpikirnya menjadi pekerja atau karyawan, maka kita akan bersaing dengan jutaan orang yang sama, tapi bila kita mimpinya jadi pengusaha, maka saingan kita tidak akan sebesar itu, malah kita dapat ikut berkontribusi menyediakan lapangan pekerjaan dengan menjadi seorang pengusaha," kata Hasan Gaido.

Menurut Hasan Gaido, hal utama yang perlu dimiliki oleh wisudawan untuk menjadi seorang pengusaha bukanlah modal berupa uang atau materi, melainkan mindset serta mentalitas yang tangguh.

"Kita bisa belajar dari sahabat nabi seperti Abdurrahman bin Auf.  Seorang saudagar yang hijrah bersama Rasulallah dari Makkah ke Madinah tanpa membawa modal sepeserpun. Namun ia percaya, bahwa modal terbesarnya adalah dirinya sendiri. Terbukti, Abdurrahman bin Auf mampu mengulang kesuksesannya di Madinah seperti yang ia lakukan di Makkah," terang Hasan Gaido.

M Hasan Gaido tularkan semangat entrepreneurship kepada wisudawan-wisudawati STES Bhakti Nugraha. (Hajiumrahnews.com)

Hal serupa juga pernah dilakukan oleh Hasan Gaido. Ia bercerita saat memulai usahanya dengan menyewa ruangan kecil berukuran 2x4 di Menteng, Jakarta Pusat dengan hanya satu karyawan.

Namun saat ini, berbekal tekad yang kuat serta mindset seorang pengusaha tangguh, ia mampu membesarkan bisnisnya, bahkan ekosistem Gaido Group yang dipimpinnya itu kini semakin lengkap dengan berbagai unit usaha yang tergabung di dalamnya.

"Saya ini latar belakangnya orang kampung yang lahir dari keluarga miskin, tapi saya tindak ingin hidup miskin dan kampungan. Oleh karena itu saya berjuang, berusaha untuk mengubah semua itu. Alhamdulillah sekarang saya mampu mewujudkan itu dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat," tuturnya.

Halaman:

Editor: Ammar Faizal Haidar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X