• Kamis, 29 September 2022

Pelaku Pelecehan Seksual di Transjakarta Tak Bisa Bersembunyi di Balik Masker, Ada Teknologi Canggih

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:01 WIB
Armada Bus Transjakarta. (Istimewa)
Armada Bus Transjakarta. (Istimewa)

HAJIUMRAHNEWS.COM - Pengelola Jaringan Bus Transjakarta segera memasang teknologi super canggih yang dapat merekam aksi pelecehan seksual di halte maupun di dalam bus.

Teknologi tersebut bahkan diklaim dapat mengidentifikasi wajah pelaku meskipun ditutupi oleh masker.

“Di halte-halte kami dan juga di bus itu sudah tidak ada lagi blindspot yang di mana semua area itu pasti ketahuan dari CCTV-nya, tapi pasti lebih ke arah upgrade teknologinya sehingga kita bisa langsung mengidentifikasi,” ujar Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transjakarta Yoga Adiwinarto, seperti dilansir dari vice.com, Selasa (9/8/2022).

“CCTV yang sekarang ini sebenarnya dari sisi jumlah sudah mumpuni. Namun, kami sedang meng-upgrade beberapa CCTV, kami terutama yang di halte untuk bisa face recognition-nya. Kami committed mendampingi korban dari penanganan sampai ke pelaporan. Dalam kesempatan ini dari Transjakarta mendorong stop pelecehan seksual,” tambah Yoga.

Selain bisa mengidentifikasi wajah dari mata dan bentuknya, teknologi ini juga disebut mampu menandai muka pelaku pelecehan seksual sehingga apabila sang pelaku kembali menggunakan Transjakarta, kamera akan mengingat wajah tersebut dan melakukan notifikasi.

Upaya Transjakarta menekan kasus pelecehan seksual kepada penggunanya juga dilakukan dengan adanya penambahan 1.801 karyawan sebagai petugas layanan operasi.

Keberadaan petugas di dalam bus diharapkan akan membantu mencegah dan bergerak cepat menangani apabila pelecehan terjadi.

Transjakarta turut kembali mengoperasikan bus merah muda khusus penumpang perempuan sejak 25 Juli. Bagi yang ragu untuk melaporkan secara langsung aksi pelecehan seksual, tersedia hotline di nomor 1500-102.

Langkah Transjakarta patut diapresiasi. Berita pelecehan seksual di BUMD DKI yang berdiri pada 2004 itu sudah terarsip media sejak 2008.

Halaman:

Editor: Ammar Faizal Haidar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Urgensi Pendidikan Agama Islam bagi Remaja

Kamis, 15 Juli 2021 | 06:11 WIB
X