Keren Pake Banget! Siswi Madrasah ini Raih Medali Emas atas Riset Sel Baterai Mobil Listrik

- Senin, 28 November 2022 | 11:40 WIB
siswi kelas XII asal MAN 2 Kota Malang, Safira Nasywa Mujahidah. (Kemenag)
siswi kelas XII asal MAN 2 Kota Malang, Safira Nasywa Mujahidah. (Kemenag)

HAJIUMRAHNEWS.COM - Siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) tidak berhenti mengukir prestasi gemilang di pentas akademik.

Kali ini, siswi kelas XII asal MAN 2 Kota Malang, Safira Nasywa Mujahidah berhasil menyabet Medali Emas bidang Matematika, Sains, dan Teknologi (MST) pada Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2022.

Tidak tanggung-tanggung, Safira berhasil meraih medali emas setelah sukses melakukan riset terhadap sel baterai mobil listrik, dengan judul 'Sel Baterai Ion-Aluminium Katoda Grafena Polyethylene Terephthalate Mewujudkan Era Mobil Listrik yang Lebih Baik'.

"Alhamdulillah, riset Sel Bateri Ion yang dikembangkan di MAN 2 Kota Malang meraih medali emas pada OPSI 2022," terang Safira di MAN 2 Kota Malang, Senin (28/11/2022).

Menurutnya, ide penelitian ini berawal dari maraknya pemberitaan di media tentang ancaman krisis energi dan kerusakan lingkungan akibat aktivitas pembakaran energi fosil yang tak kunjung tersubstitusikan.

Permasalahan tersebut menuntut manusia untuk segera merealisasikan resolusi yang komprehensif, dan salah satu jawabannya adalah perwujudan revolusi kendaraan listrik.

Namun meski demikian, lanjut Safira, kendaraan listrik masih menjadi kontroversi di banyak kalangan masyarakat terutama di negara berkembang.

Hal ini disebabkan karena biayanya yang terlampau mahal, kualitas kemudi yang tidak sebanding dengan kendaraan gas, dan potensi kecelakaan ledakan baterai yang masih tinggi.

"Untuk itu, diperlukan adanya improvisasi material aktif dari baterai, salah satunya dengan penggunaan material aktif nanopartikel bernama grafena," ujarnya. 

Halaman:

Editor: Ahmad Murtadha

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X